Kamis, 05 November 2009

Seminar Nasional Lesson Study UNJ 2009

Latar Belakang

Paradigma pembelajaran MIPA sekarang sudah bergeser dari pembelajaran yang berorientasi kepada guru (teachers center) menuju pembelajaran yang berorientasi kepada siswa (students center). Pembelajaran tersebut pada umumnya sudah menggunakan berbagai pendekatan dan metode pembelajaran, mulai dari pembelajaran klasikal sampai pembelajaran kontekstual, mulai dari pembelajaran yang sederhana hingga pembelajaran yang kompleks. Disamping itu penggunaan ICT dalam pembelajaran sudah menjadi tuntutan yang harus dilaksanakan baik oleh guru di sekolah maupun dosen di perguruan tinggi. Penggunaan metode ilmiah dalam pembelajaran diyakini oleh guru dan dosen sebagai sesuatu yang mutlak dilaksanakan. Namun demikian pendekatan ilmiah yang menganggap bahwa setiap pendekatan dapat diterapkan pada semua kondisi sekolah dan kelas perlu dipertanyakan.

Setiap sekolah dan kelas memerlukan pendekatan yang berbeda satu dengan yang lain. Dalam setiap pembelajaran seorang guru atau dosen tidak terlepas dari berbagai kekurangan dan kelebihan. Untuk itu seorang guru atau dosen sewajarnya mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan kondisi kelas yang mereka bina dalam waktu tertentu. Kelebihan dan kekurangan tersebut dapat didiskusi dan dibahas dalam sebuah wadah komunikasi antara guru/dosen. Salah satu wadah untuk itu adalah Lesson Study. Lesson Study merupakan salah satu wadah komunikasi antara guru yang sudah lama diterapkan di Jepang dan sejak tahun 2006 diperkenalkan di Indonesia dan telah diimplemetasikan sampai sekarang. Dalam rangka mendukung sosialisasi Lesson Study FMIPA Universitas Negeri Jakarta akan mengadakan seminar nasional
Waktu dan Tempat

Seminar dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 21 November 2009 bertempat di Ruang Sidang Gedung Perpustakaan Lantai I Universitas Negeri Jakarta

Pembicara Utama

 Pakar Lesson Study dari JICA/UPI
 Praktisi Lesson Study Berpengalaman

Tujuan

 Menyebarluaskan program Lesson Study di sekolah dan perguruan tinggi di Indonesia
 Saling bertukar informasi dan pengalaman tentang pengajaran dan penelitian Lesson Study
 Meningkatkan proses pembelajaran MIPA yang berdampak meningkatnya hasil belajar peserta didik.

Tema

Meningkatkan mutu pembelajaran dan penelitian tentang Lesson Study

Peserta

Peserta seminar adalah para dosen di perguruan tinggi dan guru-guru sekolah seluruh Indonesia

Biaya Seminar

Pemakalah Rp. 200.000,-
Peserta Rp. 100.000,-

Biaya tersebut sudah termasuk seminar kit, kumpulan abstrak, sertifikat, makan siang dan snack. Biaya pendaftaran mohon di kirim ke rekening panitia atas nama Ernawati Bank BNI Cabang Pembantu Universitas Negeri Jakarta No. Rekening 0153624672. Bukti tranfer mohon dikirim ke panitia melalui fax (021) 4894909 atau e-mail (attachment) ke:
seminarlessonstudy@gmail.com
Peserta juga dapat memperoleh proseding seminar dengan cara mendaftar ke panitia pada saat seminar dengan biaya Rp. 100.000,-
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:
FMIPA UNJ 021-4894909
Aris Hadiyan 0816525512